PRINTING DESIGN T-SHIRT
MAKALAH
PERENCANAAN BISNIS
Dosen Pembimbing :
Jati Yunita .dkp
Disusun Oleh Kelompok 1
M Nur Chakim (1411043)
A Yusuf Saefodin (1411030)
Gusti Aji Sukmawan (1411044)
Aprillian Eko S (1120080)
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Berawal dari hal iseng atau coba – coba melalui media jejaring sosial kami
Membuat sebuah desain kaos dengan unik dan inovatif lalu mempromosikan nya melalaui jejaring sosoal facebook dan twitter, dan adanya pesanan konsumen membuat kami merasa harus membuka toko sablon ini secara resmi. Dan banyaknya permintaan terhadap kaos – kaos unik semisal kaos couple (pasangan)
Dari hasil pengamatan kami dengan usaha yang serupa sudah terbilang banyak dan beraneka ragam usaha yang berkembang. perekonomian yang semakin sulit dan lapangan kerja yang peluangnya semakin sedikit, membuat penduduk semakin banyak penggangguran.
Buat kami masalah yang cenderung sekarang ini tidak jadi persoalan selama ada kemauan dari kita memamfaatkan kemampuan dari skill yang ada pada kita bisa mengurangi permasalahan permerintah soal penggangguran dan masalah krisis ekonomi sekarang ini menyalurkan bakat dengan membuka usaha seperti berdagang menjual barang lansung kepada konsumen, apalagi untuk sekarang jumlah penduduk dengan terus bertambah peradapan manusia semakin berkembang dan kemajuan teknologi yang sangat cangkih. Dan posisi kami sekarang sebagai mahasiswa mampu meringankan beban biaya kuliah kami.
Tujuan Didirikannya Usaha
Adapun tujuan didirikannya usaha kios sablon ini adalah untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan bagi sipemilik usaha, untuk mengembangkan hobi yang kami miliki masing-masing, dan karena adanya peluang usaha bagi kami. Adapun alasan yang dimiliki oleh kami dalam membuka usaha sablon ini diantaranya:
Karena adanya permintaan kaos yang terus masuk melalui media jejaring sosial kami
Karena kami ingin membuka usaha dalam bidang sablon atas dasar hobby kami dalam desain
Company Description
Nama Toko : SELFMADE
Alamat Perusahaan : Magelang
Bidang Usaha : Toko kios sablon kaos dengan desain suka – suka
Visi dan Misi :
Visi :
Menjadi sebuah Kios sablon dan mungkin nantinya akan berkembang yang dikenal oleh masyarakat terutama para kawula muda yang ingin tampil beda dengan gaya, dengan memberikan pelayanan terbaik.
Misi :
Memperkenalkan kreasi baru bergaya dengan desain kaos yang kita ingin kan sendiri
Memberikan variasi bergaya yang berbeda
Memberikan stimulus untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru secara mandiri bagi masyarakat sekitar
Struktur Organisasi
Direktur Utama
M Nur Chakim
Kepala Keuangan
A Yusuf Saefodin
Kepala Pemasaran
Gusti Aji Sukmawan
Kepala Produksi
Aprillian Eko s
Staf Keuangan A Yusuf Saefodin
Staf Pemasaran / Distribusi Gusti Aji Sukmawan
Operator
M Nur Chakim
Proses Administrasi Usaha
Suatu kegiatan usaha akan berjalan lancar, jika dalam pengaturan adminnistrasi usaha dapat tertata dengan baik.
Adapun kegiatan pengaturan administrasi usaha yaitu :
Membuat catatan usaha
Membuat catatan mesin-mesin produksi dan peralatan usaha
Membuat catatan keuangan usaha
Membuat catatan hasil produksi
Membuat catatan konsep pemasaran dan volume penjualan para konsumen yang sudah menjadi langganan, patner usaha
Membuat catatan surat menyurat penjualan
Kegiatan administrasi kantor merupakan fungsi dalam usaha yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan operasi pekerjaan untuk dapat memaksimalkan pekerjaan yang bersifat ketatausahaan ini, setiap orang yang bertanggung jawab dalam pekerjaan administrasi usaha.
BAB 2
ASPEK PEMASARA DAN PENGEMBANGAN BISNIS JENIS PRODUKSI DAN ANALISA USAHA
Marketing atau Pemasaran
Dalam menjalankan suatu usaha, apapun bentuknya, perlu menentukan target yang harus dicapai. Menentukan pencapaian target ini dimaksudkan agar keuntungan yang diraih dapat maksimal.Menjalankan usaha kios sablon ini juga harus melihat target ke depannya. Perlu direncanakan target usaha kedepan, seperti jumlah keuntungan yang akan dicapai, omzet usaha yang ingin diraih. Target usaha yang tinggi tentunya akan mendorong kita untuk mencapai level tertinggi dalam berwirausaha.
Merintis usaha sablon ini tidak luput dari resiko, baik yang bersifat negatif maupun yang positif. Resiko negatifnya adalah tidak ada nya orderan .Sebaliknya resiko positifnya adalah banyaknya orang yang orderan yang masuk, Banyaknya pembeli berarti banyak pula pemasukan uang yang kita terima. Dengan demikian keuntungan dari bisnis ini dapat kita rasakan.
Dalam memperkenalkan produk kami kepada calon konsumen, maka nya diperlukannya promosi pemasaran diantaranya :
Setiap pengorderan barang minimal 10buah kaos dapat pemotongan harga
Harga special buat orderan kaos couple
Smile is priority
Bisa ditunggu
Jenis Produksi
Produk yang kami tawarkan berupa kaos dengan desain yang di inginkan konsumen dengan ide yang unik – uni dan kreatif yang membuat para konsumen bisa tampil gaya setiap saat.
Gambaran Produksi
Berikut gambaran atau contoh produksi barang yang akan di orderkan atau sesuai dengan permintaan konsumen :
Analisa Bisnis (SWOT)
Streangh (kekuatan)
Memiliki keunikan dibanding kios sablon lainnya
Desain gaya kreatif dan keren
Weakness (kelemahan)
Kekurangan utama kami adalah pada bagian mesin percetakan, karena harga mesin percetakan secara digital itu terlalu mahal, jadi kami disini bekerja sama dengan perusahaan percetakan kaos digital
Banyaknya pesaing dari usaha yang sejenis sehingga kami harus pandai membuat kreasi yang unik agar dapat menarik minat pengunjung
Para pendiri T-shirt Talk merupakan para mahasiswa yang masih berkuliah sehingga cukup sulit untuk dapat mengontrol jalanya usaha ini setiap saat.
Opportunities (kesempatan)
Kaos sablon dengan gaya yang lebih menarik sangan diminati konsumen
Usaha di bidang penyablonan dinilai cukup berpotensi dan cukup menjanjikan.
Threats (ancaman - ancaman)
Adanya pesaing yang membuka usaha sablon dengan tema sama
Banyak usaha sablon pesaing yang telah memiliki nama yang bagus
Analisa Pemasaran
Sistem pemasaran
Product
Produk yang kami tawarkan adalah sablon kaos dengan desain suka - suka sesuai dengan pesanan dan permintaan konsumen.
Delivery
Kami menyediakan fasilitas delivery order untuk kaos yang dipesan diatas 20buah.
Order Online
Segmen pasar yang dituju
Segmen pasar yang kami tuju adalah para remaja. Dan kami terfokus pada pemuda yang memiliki pasangan untuk pengorderan kaos jenis couple, karena perspektif untuk kaos couple ini lumayan laris.
Prediksi kebutuhan pasar dan produksi
Dalam 1 bulan diperkirakan permintaan konsumen penyablonan kaos ini lebih kurang 15lusin kaos
Pada saat hari besar/acara-acara formal dan non formal dalam 1 bulan diperkirakan 2 kalilipat dari permintaan konsumen satu
BAB 3
TINJAUAN USAHA
Pengembangan Bisnis
Pengembangan bisnis antara lain :
Mengidentifikasi kebutuhan
Dengan adanya bisnis ini, kami mengharapkan kebutuhan konsumen terpenuhi terkhusus dengan kaos desain yang mereka inginkan.
Ide dan Entrepreuneur
Untuk memenuhi keinginan konsumen, kami berusaha ingin tahu apa yang di inginkan konsumen.
Analisis
Analisa manajemen :
Strenghth :
Tempat strategis
Pelayanan yang cepat
Customers is number one
Delivery services
Smile Is priority
Weakness :
Untuk penyablonan kita harus mengumpulkan secara collectif terlebih dahulu karena kendala kerja sama dengan pihak percetakan.
Kendala utama adalah mesin cetak digital
Oppurtunity :
Menjadikan hari istimewa menjadi lebih istimewa
Memiliki kreatifitas dalam bidang desain
BAB 4
ASPEK KEUANGAN
Modal Usaha
Karena usaha ini baru dirintis, maka kami membutuhkan modal awal yang cukup besar. Berikut ini perkiraan modal yang kami butuhkan :
No Keterangan Jumlah Harga
1. Sewa Tempat Rp. 5000,000
2. Pembelian Satu Set PC Rp. 3500,000
3. Pembelian Satu set meja + kursi front office Rp. 1200,000
4. Pembelian 4 buah kursi Rp. 400,000
5. Pembelian 1 buah Meja Rp. 250,000
6. Pembuatan Papan Nama Rp. 200,000
7. Lampu Neon 4 buah Rp. 180,000
8. Lampu Pijar 2 Buah Rp. 50,000
9. Tempat Sampah 2 buah Rp. 50,000
10. Kipas Angin Rp. 80.000
Untuk Kebutuhan Produksi Awal
1. 20 lusin kaos polos tanpa kerah Rp. 1800,000
2. 20 lusin kaos polos berkerah Rp. 2100,000
3. 20 lusin kaos jenis lengan panjang Rp. 2000,000
Untuk kebutuhan Promosi
1. Satu buah perangkat Telepon Rp. 150,000
2. Satu buah perangkat modem Rp. 300,000
3. Biaya tagihan awal telepon Rp. 150,000
4. Biaya tagihan awak Internet Rp. 200,000
5. Brosur Rp. 100,000
Total Modal Usaha Rp. 17,710,000
Prediksi keuntungan
Harga satuan barang = 80.000
Prediksi penjualan harian max 10 buah kaos @80.000 = 10 x 80,000 = 800,000;
Prediksi Hitungan bulan Rp 800,000 x 30 = Rp. 24.000,000
Operasional
Listrik : Rp.600,000
Air : Rp.450,000
Biaya Telephone : Rp.150,000
Biaya Internet : Rp.200,000
Gaji karyawan 3 orang @Rp.1.100.000 : Rp.3.300,000
Total operasional : Rp.4.700,000
Laba bulanan = penjualan per bulan- Total operasi
= Rp.24.000,000 - Rp.4.700,000
= Rp.19.300.000
Analisa Sosial dan Ekonomis
Biaya keamanan lingkungan sebesar Rp25000. karena adanya biaya keamanan lingkungan kita bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
Biaya kebersihan lingkungan sebesar Rp 25000 karena adanya biaya keamanan lingkungan kita bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
BAB 5
KESIMPULAN
Rekomendasi akhir
Berdasarkan dari apa yang telah kami coba analisis dari beberapa faktor-faktor yang kami dapatkan yaitu analisa aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek produksi, aspek keuangan, dan aspek sosial dan ekonomis, maka kami dapat menyimpulkan hal-hal sebagai berikut :
Bisnis ini cukup menguntungkan
merupakan kebutuhan primer dari setiap manusia.
Perhitungan kelayakan usaha bisnis ini menunjukan bahwa usaha tersebut layak untuk di kembangkan
Saran
Saran kami terhadap bisnis ini adalah sebaiknya bisnis tersebut dijalankan karena bisnis tersebut menguntungkan bagi semua pihak. Terutama buat mahasiswa yang membiayai biaya perkulihan tanpa harus memberatkan beban orang tua.
Meskipun berbisnis itu menjanjikan pada saat ini, tapi bila kita tidak mempunyai keahlian dalam mengelola bisnis sangat berbahaya, karena mungkin saja bisnis kita tidak berjalan dengan semestinya.Jika ingin berbisnis kita harus menjadi orang yang kreatif dan pandai mengelola segala urusan bisnis sesuai dengan ketentuannya, fleksibel, dan cepat tanggap dalam perubahan yang terjadi. Pengalaman juga merupakan guru yang paling berharga dalam berbisnis.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar